4 Manfaat Mentimun untuk MPASI Bayi

4 Manfaat Mentimun untuk MPASI Bayi

Mentimun punya banyak manfaat untuk kesehatan lohh Moms, termasuk untuk bayi. Jadi, Moms jangan heran ya kalau mentimun selain untuk lalapan ternyata juga baik dimasukkan ke dalam resep MPASI Si Kecil.

Mentimun mengandung beragam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh lohh Moms, apa aja ya? Ada karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, mangan, dan folat. Waaah banyak yaaa..

Dari segudang nutrisi yang terkandung dalam mentimun, adapun manfaat yang bisa Si Kecil dapatkan, diantaranya :

  1. Menyehatkan sistem pencernaan
    Tau ga sih Moms kalau mentimun memiliki kadar air yang cukup tinggi looh, yaitu sekitar 96%. Memasukkan mentimun sebagai menu MPASI Si Kecil dapat membantu melancarkan kerja sistem pencernaan Si Kecil dan mencegahnya mengalami berbagai masalah pencernaan Moms, seperti sembelit atau diare. Karena mentimun memiliki kandungan air yang terbilang cukup banyak.
    Di samping itu, saluran pencernaan yang sehat juga membuat penyerapan nutrisi dari makanan menjadi lebih maksimal Moms. Jadi, imunitas tubuh Si Kecil akan semakin terdukung dan kuat untuk melawan penyakit.
  2. Mencegah dehidrasi
    Dehidrasi pada bayi tidak boleh dianggap remeh, Moms. Kondisi ini bisa membuat Si Kecil menjadi lemas dan terlihat pucat, rewel, serta enggan untuk bermain. Duuuh gamau kan Moms kalau Si Kecil ngalamin itu? 🙁
  3. Meningkatkan imunitas tubuh
    Memasukkan mentimun ke dalam menu MPASI Si Kecil bisa membuatnya tidak sering jatuh sakit looh Moms dan proses tumbuh kembangnya semakin optimal. Karena kandungan vitamin C pada mentimun terbilang banyak Moms, dan dapat bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas berlebih.
  4. Meredakan pembengkakan
    Bengkak akibat terbentur atau digigit nyamuk pasti membuat Si Kecil merasa ga nyaman dan rewel kan Moms? Untuk mengatasinya, Moms bisa gunakan mentimun. Kandungan antioksidan mentimun dapat membantu menenangkan kulit dan meredakan pembengkakan Si Kecil, Moms. Hebat yaaa?

Hal yang Perlu Moms Perhatikan Sebelum Menyajikan Mentimun sebagai MPASI

Mentimun mengandung senyawa alami cucurbitacins yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Jadi, mentimun baru boleh Moms berikan pada saat Si Kecil sistem pencernaannya sudah lebih matang, tepatnya saat berusia 9 bulan.

Pada usia ini, mentimun bisa Moms sajikan dengan cara dihaluskan dengan blender. Ketika usia Si Kecil sudah 12 bulan, mentimun bisa Moms berikan dalam betuk potongan memanjang sebagai finger food.

Moms boleh mengupas mentimun atau menyajikan bersama kulitnya looh. Kulit mentimun akan memberikan lebih banyak nutrisi untuk Si Kecil. Tapi ingat, kalau Moms ingin memberikannya kepada Si Kecil, pastikan Moms sudah mencuci kulit mentimun dengan bersih yaa!

Perlu diingat juga bahwa mentimun tidak bisa dijadikan menu utama untuk MPASI, melainkan hanya sebagai pelengkap. Moms disarankan untuk tetap memberikan Si Kecil makanan sehat lainnya, seperti ikan, telur, daging, serta buah dan sayur, agar kebutuhan nutrisi Si Kecil terpenuhi.

Selain itu, meski bukan termasuk makanan yang dapat memicu alergi, Moms tetap perlu memperhatikan reaksi Si Kecil ketika pertama kali makan mentimun yaa. Kalau Si Kecil menunjukkan gejala alergi, segera bawa ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Itu dia Moms informasi seputar Mentimun untuk MPASI Si Kecil. Gimana? Udah siapin menu MPASI Si Kecil buat besok belum nih?

Referensi : Alodokter

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *