5 Manfaat Yoghurt untuk Anak

5 Manfaat Yoghurt untuk Anak

Photo by Visual Stories || Micheile on Unsplash

Apakah Moms salah satu orangtua yang enggan memberikan yoghurt pada anak? Hmmm sayang banget nih Moms. Padahal, yoghurt merupakan salah satu makanan bergizi yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang si anak.

Nah, Moms udah tau belum nih kalau yoghurt itu mengandung segudang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anak?

Produk olahan susu ini dikenal sebagai sahabat baik pencernaan anak lohh, Moms. Selain untuk pencernaannya, ada banyak manfaat yoghurt untuk anak yang sayang jika dilewatkan.

Dalam 1 cangkir atau setara dengan 230 gram yoghurt, terkandung sekitar 150 kalori, 8 gram lemak, 8,5 gram protein, serta 11 gram karbohidrat dan gula. Selain itu, yoghurt mengandung beberapa mineral penting, seperti kalsium, kalium, fosfor, zinc, magnesium, selenium, serta vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Mantul(mantap betul) kan Moms?

Sekarang, kita bahas manfaat yang luar biasa dari yoghurt untuk anak, yuk!

  1. Menyehatkan pencernaan

Kandungan probiotik dalam yoghurt mampu melancarkan pencernaan Si Kecil dan mendukung fungsi usus dalam menyerap beragam nutrisi.

Yoghurt juga baik untuk mempecepat proses penyembuhan anak Moms dari diare lohh. Ga cuma itu, ternyata nih Moms, anak- anak yang rutin mengonsumsi yoghurt bisa terhindar dari sembelit.

  1. Mendukung proses tumbuh kembang

Protein memiliki peranan besar loh Moms dalam proses tumbuh kembang anak, karena zat ini merupakan komponen penting dari setiap sel dalam tubuh. Protein juga dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan otot, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, dan sebagai sumber energi.

Selain protein, yoghurt mengandung karbohidrat, lemak, serta aneka vitamin dan mineral yang penting untuk mendukung tumbuh kembang anak Moms.

  1. Memperkuat daya tahan tubuh

Yoghurt juga merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, Moms. Manfaat yoghurt ini ada berkat kandungan probiotik, vitamin A, vitamin C, protein, serta mineral, seperti magnesium, selenium, dan zinc di dalamnya.

  1. Mendukung kesehatan tulang dan gigi

Karena merupakan produk olahan susu, yoghurt mengandung kalsium yang sangat baik untuk mendukung kesehatan tulang dan gigi anak Moms. Dengan asupan kalsium yang tercukupi, Si Kecil juga bisa mencapai tinggi badan yang ideal dan tercegah dari stunting.

Akan tetapi, manfaat ini akan lebih maksimal jika Si Kecil rutin mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti buah, sayuran, telur, ikan, susu, dan kacang-kacangan. Kalau perlu nih Moms, Si Kecil juga bisa mendapatkan asupan nutrisi tambahan melalui suplemen. Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum memberikan Si Kecil suplemen yaa Moms.

  1. Mencegah obesitas

Manfaat yoghurt untuk anak yang lainnya adalah mampu mengontrol kenaikan berat badan. Yoghurt bisa membuat Si Kecil kenyang lebih lama dan menekan nafsu makannya, sehingga dapat mengurangi keinginannya untuk mengonsumsi makanan atau cemilan yang tidak sehat.

Dengan begitu, kenaikan berat badan Si Kecil bisa terkontrol dengan baik dan terlindungi dari penyakit obesitas.

Mulai sekarang, yuk masukkan yoghurt sebagai camilan sehat sehari-hari Si Kecil, Moms.

Moms juga bisa masukkan buah favorite Si Kecil ke dalam yoghurt lohh

Agar anak Moms mendapatkan manfaat yoghurt yang maksimal, Mimin saranin untuk memilih yoghurt tawar atau plain yoghurt.

PERLU DI INGAT
Walaupun memiliki beragam khasiat, tidak semua anak bisa mengonsumsi olahan susu ini ya Moms, terutama anak yang alergi terhadap susu sapi atau menderita intoleransi laktosa.

Bila Si Kecil menunjukkan keluhan tertentu setelah mengonsumsi yoghurt, seperti gatal-gatal, pembengkakan mulut atau tenggorokan, muntah, sakit perut, atau diare, segera hentikan pemberian yoghurt dan bawa Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Rahasia sehat Si Kecil lainnya, yaitu dengan tidak lupa selalu berikan treatment untuk Si Kecil 😉
Mau treatment aman, nyaman, friendly, berkualitas, dilakukan oleh yang professional, dan bisa #dirumahaja ? AMACALL JAWABANNYA!

Amacall adalah layanan bidan dalam genggaman, HOME SERVICE. Dengan tenaga terapis yang profesional dan bersertifikasi

Pemesanan mudah, aman dan nyaman melalui :
Website : www.amacall.id
Whatsapp : 081558855159
Line : @osb8527u
Download app : app.amacall.id/

Referensi : Alodokter

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *