Katanya, Ini Mitos Ibu Hamil Jika jenis Kelamin Anak Perempuan/Laki-Laki

Bunda-bunda yang sedang mengandung pasti ada keinginan dalam memilih jenis kelamin anak,
Biasanya ayah dan bunda ingin seorang jagoan sebagai anak pertama, yang dimana diharapkan jagoan nanti mampu melindungi adik-adiknya. Tapi tak jarang ayah bunda inginkan anak perempuan sebagai anak pertama.

Tapi bunda tahu tidak, mitos yang merupakan ciri-ciri jenis kelamin anak ketika lahir ke dunia nanti? Yuk kita spill satu-satu.

Dimulai dari Anak Laki-laki yang katanya ciri-ciri ibu hamilnya sebagai berikut:

  • Lebih suka makan daging dan yang asin atau gurih
  • Bentuk perut lonjong dan berat di bagian bawah
  • Morning sickness ringan
  • Wajah segar berseri, rambut tebal dan indah
  • Hanya perut yang membesar, bagian tubuh lain tidak
  • Ibu suka wangi tubuh ayah

Nah, kalau anaknya perempuan katanya ciri-ciri ibu hamilnya sebagai berikut:

  • Bentuk perut melebar dan bulat
  • Mual muntah berlebih
  • Kulit berminyak dan berjerawat
  • Rambut tipis dan lepek
  • Lebih suka makan sayur dan yang makanan manis
  • Ayah yang lebih sering ngidam

Itulah bunda beberapa mitos ibu hamil yang katanya bisa menebak jenis kelamin anak . Apapun jenis kelamin dari anak saat lahir di dunia nanti, harus tetap disyukuri dan dijaga baik-baik ya bunda. Bunda harus tetap rileks selama masa kehamilan, lebih rileks lagi kalau bunda melakukan treatment khusus ibu hamil.

Bunda bisa memesan treatment khusus amacall. Amacall adalah layanan bidan dalam genggaman, HOME SERVICE. Dengan tenaga terapis yang profesional dan bersertifikasi

Pemesanan mudah, aman dan nyaman melalui :
Website : www.amacall.id
Whatsapp : 081558855159
Line : @osb8527u
Download app : app.amacall.id/

Yuk, buruan pesan layanan kami sekarang juga!

sumber: ibupedia

Read more...

8 Kebahagiaan Bayi yang Harus Moms Ketahui

Orangtua mana yang ga ikutan bahagia kalau si baby bahagia, pasti semua orangtua bahagia doong. Ada salah satu treatment nih Moms yang punya banyak manfaat untuk memicu kebahagiaan baby. Udah tau beluuum? Yaap betul, BABY SPA!

Berikut manfaat baby spa yang bikin baby bahagia :

  1. Menambah nafsu untuk menyantap ASI
    Sistem pencernaan bayi akan lebih lancar setelah treatment spa, sehingga nafsu makan atau minum ASInya pun meningkat. Hal ini bisa menjadi solusi bagi baby yang susah makan/minum ASI.
  2. Melancarkan Peredaran Darah Bayi
    Peredaran darah yang lancar juga baik untuk meningkatkan kesehatan jantung baby, Moms. Gerakan alami di dalam air pada saat treatment dapat memberikan rasa rileks dan anti stress untuk baby. Efeknya pun Si Kecil akan selalu ceria dan bersemangat. Ini kan yang Moms mau? ;)
  3. Meningkatkan Kualitas Respon Bayi
    Dengan baby spa, maka Baby Moms akan merespon positif terhadap benda yang di lihat dan sentuh. Motoriknya akan berkembang dengan lebih cepat dan membuatnya semakin cerdas. Sehingga, Si Kecil akan tumbuh menjadi baby yang ceria dan gak gampang nangis.
  4. Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi
    Treatment Baby Spa akan menstimulasi jaringan otot menjadi lebih lentur dan kuat. Baby juga akan terhindar dari kejang otot dan nyeri pada sendi-sendinya. Kondisi ini akan membuat Baby Moms tidur lebih pulas dan tidak mudah rewel. Apalagi kalau Si Kecil juga dioleskan AMAOIL VCO, waaah pasti Si Kecil nyaman bangettt dehhh..
  5. Tubuh Jadi Rileks
    Ga cuma orang dewasa yang butuh badan rileks lhoo Moms, baby juga butuh rilek. Dengan pijatan-pijatan lembut dari terapis Amacall yang sudah bersertifikat, maka tubuhnya akan mengeluarkan hormon endorfin dan oksitosin yang sangat berguna untuk tubuh rileks dan nyaman Si Kecil.
  6. Melancarkan Sistem Pernafasan Bayi
    Baby Spa bisa bantu memperbaiki sistem pernafasan baby. Ia pun dapat bergerak dengan nyaman. Rasa takut terhadap air juga akan perlahan hilang dan membuat denyut jantungnya lebih normal, sehingga nafasnya terasa lebih teratur.
  7. Mempercepat Pertumbuhan Tulang
    Pijatan saat di tempat spa dan saat baby belajar mengapung di dalam air mampu meningkatkan kepadatan tulang dan mempercepat pertumbuhan baby, Moms. Hal tersebut bisa terjadi karena baby spa melatih tulang dan otot si kecil agar selalu sehat.
  8. Membuat Bayi Aktif Bergerak
    Siapa yang baby nya ga terlalu aktif? Coba treatment Baby Spa Amacall dehh Moms. Perawatan bayi ini bisa membuat si kecil lebih aktif bergerak dan meningkatkan kepercayaan diri untuk belajar berjalan dan merangkak.

Di Amacall Moms akan diberikan pelayan terbaik dari para terapis kami yang sudah bersertifikat. Sehingga, Moms ga perlu khawatir lagi dehhh. Sambil menunggu Si Kecil treatment, Moms juga bisa lhoo ikutan treatment khusus ibu di Amacall. Tunggu apalagi? Yuk pesan sekarang dan treatment bareng Si Kecil ;)

Informasi pemesanan :
Website : www.amacall.id
Whatsapp : 081558855159
Line : @osb8527u
Download app : app.amacall.id/
Kunjungi instagram kami @amacall.id untuk melihat berbagai testimoni

MOMS AND BABY SEHAT, DADDY JADI TENANG ❤

Reference : liputan6

Read more...

7 Kebaikan VCO Bagi Bayi dan Anak

Minyak herbal VCO adalah minyak yang telah disuling kemudian menjadi VCO yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak.

Hmmm.. emangnya aman untuk kulit anak? Tenang aja Moms, VCO aman kok untuk dioleskan langsung ke kulit anak. Selain aman untuk kulit, ada kebaikan lainnya lhoo dari minyak VCO. Penasaran ada apa aja?

  1. Melembapkan kulit anak
    VCO terbukti baik untuk melembapkan kulit anak Moms, karena kandungan dari sari kelapa memiliki khasiat yang terbilang tinggi. Cukup oleskan beberapa tetes dan ratakan pada bagian kulit agar menjaga kekenyalan kulit Si Kecil.
  2. Mengatasi ruam popok
    Anak Moms masih menggunakan popok celana dan sering mengalami ruam popok di kulitnya? Nahh, jika si Kecil mengalami ruam popok, Moms bisa banget langsung oleskan minyak VCO pada kulit Si Kecil yang kemerahan secara tipis-tipis.
  3. Menenangkan kulit eksim
    Jika bagian kulit yang eksim kondisinya kering maka akan terasa gatal.
    Kulit yang eksim riskan untuk digaruk karena rasanya sangat gatal dan mengganggu. Jika sudah digaruk dan ada gesekan maka akan menimbulkan luka.

Moms gaperlu panik ketika Si Kecil mengalami eksim, Moms harus segera membuat kulitnya lembap kembali, Moms bisa oleskan VCO ke kulit anak secara tipis-tipis. Cara ini juga bisah mencegah kulit kering pada Si Kecil.

Selain untuk menenangkan kulit eksim, VCO juga bisa menjadi pengganti krim pelembap lhoo agar Si Kecil merasa lebih nyaman

  1. Mengatasi bibir kering
    Bukan hanya melembapkan kulit, minyak kelapa juga bisa mengatasi bibir kering, Moms. Jika anak sedang panas dalam atau mengalami gejala sariawan, VCO jadi solusi tepat.

Karena aromanya lembut maka anak Moms ga akan terasa terganggu jika bibirnya dioleskan dengan minyak kelapa.

  1. Membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut
    Jika anak Moms memiliki kondisi kulit kepala yang mudah kotor seperti ada tumpukan ketombe bahkan kadang bentuknya seperti kerak, mungkin ini karena produksi minyak dan keringat anak cenderung tinggi, Moms.

Kandungan asam lemak rantai sedang (MCFA) memiliki manfaat antibakteri dan antimikroba yang bisa menjadi solusi keluhan kulit kepala bayi dan anak Moms.

Cukup oleskan VCO secara tipis-tipis ke kulit kepala dan bersihkan perlahan bagian kepala yang kotor tersebut.

Minyak ini juga diketahui memiliki kemampuan untuk merangsang rambut tumbuh secara lebih baik lhoo, Moms.

  1. Bisa menjadi dressing salad
    Jika anak balita Moms suka mengonsumsi salad maka bisa juga menggunakan VCO lhoo. Minyak yang satu ini memang cocok untuk mendukung program hidup sehat, Moms.

Cukup tuangkan sedikit pada salad sebelum si Kecil mulai makan. Jangan lupa ajarkan doa sebelum makan ya, Moms.

  1. Mengatasi kulit bruntusan
    Jika anak Moms alergi dingin, akan timbul kemerah-merahan di kulitnya. Untuk menenangkan keluhan kondisi kulit Si Kecil, Moms bisa oleskan VCO untuk meredakan gatal anak Moms.

Jika memiliki anak usia batita memang penting menyediakan virgin coconut oil kapanpun dan di manapun, Moms.

AMAOIL VCO terbuat dari minyak kelapa segar yang diproses tanpa bahan kimia, ditambah dengan packagingnya yang pas bikin Moms mudah untuk menyimpannya saat bepergian ;)

Pesan VCO mudah, cepat, nyaman dan trusted melalui :
Website : www.amacall.id
Whatsapp : 081558855159
Line : @osb8527u
Download app : app.amacall.id/
Kunjungi instagram kami @amacall.id untuk melihat berbagai testimoni

SI KECIL SEHAT, PARENTS TENANG ❤

Reference : Popmama

Read more...

4 Cara Sederhana Bisa Sembuhkan Batuk Pilek Anak

Batuk pilek pada anak bikin ia ga ceria seperti biasanya dan mengganggu aktifitas Si Kecil, betul Moms?

Kali ini, Amacall mau berbagi 4 cara sederhana nih Moms untuk membantu meringankan bahkan menyembuhkan bapil Si Kecil. Ada apa aja yaaa? Yuk simak

  1. Cukup Tidur
    Saat bapil, tubuh Si Kecil akan membutuhkan lebih banyak energi untuk melawan virus/bakteri penyebab infeksi lhoo Moms. Maka dari itu, pastikan Si Kecil cukup tidur dan istirahat yaa. Buatlah kamar tidurnya nyaman agar ia bisa tidur lebih nyenyak. Saat masa pemulihan, tidurpun dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil.
  2. Posisikan Kepalanya Lebih Tinggi saat Berbaring
    Saat sedang bapil, ada kemungkinan besar Si Kecil mengalami hidung tersumbat yang membuatnya sulit untuk bernapas, hal ini yang biasanya membuat Si Kecil rewel karena kesulitan tidur lhoo Moms. Agar Si Kecil bisa bernapas lebih lega, gunakanlah bantal tambahan untuk menopang kepala dan bahunya sehingga posisi kepalanya lebih tinggi dari badannya ketika ia tidur.
  3. Berikan Lebih Banyak Air Mineral
    Jika Si Kecil sudah berusia lebih dari 6 bulan, berikan ia minum air mineral lebih banyak yaa Moms. Air mineral akan membantu mengencerkan dahak di saluran pernapasan, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Selain itu, dengan minum air mineral yang cukup, Si Kecil akan terhindar dari dehidrasi yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan lain.

Moms juga bisa memberikannya minuman hangat, seperti air mineral hangat atau teh tawar hangat, sebagai selingan. Di samping meringankan batuk pilek, minuman hangat bisa meredakan sakit tenggorokan lhoo.

Jika Si Kecil masih minum ASI, lanjutkan pemberiannya. ASI dapat membantu bayi untuk lebih cepat pulih dari sakit flu.

  1. Beri Minyak Amaoil Batuk Pilek
    Minyak bukan sembarang minyak, minyak yang satu ini terbilang ampuh untuk meredakan bahkan memulihkan bapil Si Kecil. Efek relaksasi dari minyak ini membuat Si Kecil lebih nyaman dan bisa tidur lebih nyenyak.

Minyak terapi alami atau Amaoil terbuat dari bahan-bahan pilihan, alami, tanpa bahan pengawet & pewarna. Selain untuk bapil bayi dan anak, minyak ini juga cocok banget lhoo Moms untuk meredakan keluhan lainnya seperti demam.

Sudah banyak Moms yang menerapkan cara keempat saat Si Kecil terkena batuk dan pilek. Penasaran apa kata mereka? Yuk kunjungi instagram kami Amacall.id ( https://instagram.com/amacall.id?utm_medium=copy_link ) ;)

Pesan AMAOIL mudah, cepat dan nyaman melalui :
Website : www.amacall.id
Whatsapp : 081558855159
Line : @osb8527u
Download app : app.amacall.id/

ANAK SEHAT, PARENTS TENANG❤

Reference : Alodokter

Read more...

ASI Lancar Setelah Pijat Oksitosin

"Hufftt.. udah nyoba berbagai cara biar ASI lancar tapi ga pernah berhasil :("
Hayoo ngakuu siapa yang ngerasain hal tersebut?

Pasti Moms belum kenal niih sama PIJAT OKSITOSIN..
Yuk kenalan dulu dengan pijat ajaib yang satu ini!

Selain pola hidup sehat dan makan-makanan bergizi, pijat oksitosin juga bisa looh membantu melancarkan ASI Moms.

Dikutip dari Alodokter, oksitosin(obat) merupakan preparat hormon oksitosin yang digunakan untuk melancarkan proses persalinan. Selain itu, oksitosin juga bisa memicu keluarnya ASI Moms.

Hmm kira-kira Moms udah tau belum yaa, kalau hormon oksitosin ini juga sangat penting bagi wanita? Hormon yang diproduksi di bagian dalam otak bernama hipotalamus ini berperan besar Moms dalam beberapa proses penting pada kehidupan wanita (diantaranya proses orgasme, persalinan, dan menyusui).

Pijat oksitosin merupakan salah satu teknik pijat yang banyak dilakukan pascapersalinan nih, Moms. Teknik pijat okstisosin bisa memberikan stimulasi pada puting dan diyakini mampu meningkatkan produksi ASI. Maka dari itu, hal ini menjadi salah satu alasan kenapa pijat oksitosin dipercaya bisa membantu dalam proses mengASIhi.

Pijat oksitosin ini telah dilakukan penelitian untuk mengukur efek pijat terhadap tingkat oksitosin, serta hormon dan senyawa lain dalam tubuh. Dalam penelitian tersebut, dilakukan pengambilan darah pada sekitar 100 partisipan sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah dilakukan pijat dengan tekanan sedang di punggung. Hasilnya menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kadar oksitosin dalam tubuh partisipan yang dipijat lohh, Moms. Waah hebatt yaa..

CARA KERJA OKSITOSIN DALAM PROSES MENYUSUI

Dalam proses menyusui nih Moms, bayi akan menyentuh puting payudara Moms. Kemudian, sel saraf di payudara akan mengirimkan sinyal ke otak untuk melepaskan oksitosin. Saat jumlahnya meningkat, hormon ini menyebabkan kelenjar di payudara dan saluran ASI berkontraksi, dan menyalurkan ASI melalui puting payudara, Moms.

Perlu diingat yaa Moms, oksitosin hanya membantu melepaskan ASI dari dalam tubuh. Hormon oksitosin tidak bisa mempengaruhi jumlah ASI yang diproduksi di dalam tubuh Moms. Sebab, produksi ASI di dalam tubuh dipengaruhi oleh hormon prolaktin.

Sekarang Moms udah tau kann hebatnya pijat oksitosin?
Yukk pesan sekarang juga layanan Pijat Oksitosin Amacall. Pesannya di rumah, pijatnya juga #DiRumahAja ;)

Pemesanan mudah, aman dan nyaman melalui :
Website : www.amacall.id
Whatsapp : 081558855159
Line : @osb8527u
Download app : app.amacall.id/

Sudah banyak looh para Moms yang merasakan efek ajaib dari Pijat Oksitosin Amacall ini Moms, ga percaya? Kunjungi instagram kami @amacall.id

Read more...

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi

Photo by Graphic Node on Unsplash

Bunda pasti panik melihat si kecil berat badannya tidak bertambah. Belum lagi omongan dari bunda-bunda yang lain, yang bahkan sampai menyinggung perasaan bunda.

"Anaknya kurang gizi ya?"
"Anaknya dikasih makan apa memang bund?"
"Beda ya sama anak saya, anak saya lebih berisi badannya"
"Kecil banget ya bund, anaknya"

Pasti bunda tidak ingin lagi mendengar perkataan itu dengan melakukan berbagai upaya agar bayi bisa tumbuh dan berkembang seperti bayi kebanyakan. AmaCall punya tips niihh untuk bunda yang merasa cemas akan berat badan bayi. yukk disimak!

  1. Meningkatkan suplai ASI bunda danmenyusui sesering mungkin, sekitar satu atau dua jam, terutama pada 6 bulan pertama
  2. Pada 6 bulan kedua, maksimalkan nutrisi untuk Si Kecil dari MPASI
  3. Berikan MPASI dengan pilihan menu tinggi kalori seperti ikan, telur, daging, keju, kentang, alpukat, pisang dan pir
  4. Memanggil pemijat khusus bayi

Itulah bunda tips dari AmaCall, Untuk pemanggilan pemijat khusus bayi AmaCall juga menyediakan lohhh,bund! dengan berbagai macam treatment yang diberikan Amacall untuk bunda dan si Kecil salah satunya ada spa dan treatment khusus untuk si kecil. Amacall ini bekerja secara home service ya,bund.. tidak perlu khawatir lagi di tengah PPKM sekarang ini.

Jadi? tunggu apalagi mom's! pesan Amacall sekarang juga ya!
Informasi pemesanan :
Whatsapp : 081558855159
Line : @osb8527u
pemesanan via web: www.amacall.id
pemesanan via app : app.amacall.id/

Kapanpun dan dimanapun, Amacall siap untuk Moms ;)

Read more...

4 Manfaat Mentimun untuk MPASI Bayi

Mentimun punya banyak manfaat untuk kesehatan lohh Moms, termasuk untuk bayi. Jadi, Moms jangan heran ya kalau mentimun selain untuk lalapan ternyata juga baik dimasukkan ke dalam resep MPASI Si Kecil.

Mentimun mengandung beragam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh lohh Moms, apa aja ya? Ada karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, mangan, dan folat. Waaah banyak yaaa..

Dari segudang nutrisi yang terkandung dalam mentimun, adapun manfaat yang bisa Si Kecil dapatkan, diantaranya :

  1. Menyehatkan sistem pencernaan
    Tau ga sih Moms kalau mentimun memiliki kadar air yang cukup tinggi looh, yaitu sekitar 96%. Memasukkan mentimun sebagai menu MPASI Si Kecil dapat membantu melancarkan kerja sistem pencernaan Si Kecil dan mencegahnya mengalami berbagai masalah pencernaan Moms, seperti sembelit atau diare. Karena mentimun memiliki kandungan air yang terbilang cukup banyak.
    Di samping itu, saluran pencernaan yang sehat juga membuat penyerapan nutrisi dari makanan menjadi lebih maksimal Moms. Jadi, imunitas tubuh Si Kecil akan semakin terdukung dan kuat untuk melawan penyakit.
  2. Mencegah dehidrasi
    Dehidrasi pada bayi tidak boleh dianggap remeh, Moms. Kondisi ini bisa membuat Si Kecil menjadi lemas dan terlihat pucat, rewel, serta enggan untuk bermain. Duuuh gamau kan Moms kalau Si Kecil ngalamin itu? :(
  3. Meningkatkan imunitas tubuh
    Memasukkan mentimun ke dalam menu MPASI Si Kecil bisa membuatnya tidak sering jatuh sakit looh Moms dan proses tumbuh kembangnya semakin optimal. Karena kandungan vitamin C pada mentimun terbilang banyak Moms, dan dapat bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas berlebih.
  4. Meredakan pembengkakan
    Bengkak akibat terbentur atau digigit nyamuk pasti membuat Si Kecil merasa ga nyaman dan rewel kan Moms? Untuk mengatasinya, Moms bisa gunakan mentimun. Kandungan antioksidan mentimun dapat membantu menenangkan kulit dan meredakan pembengkakan Si Kecil, Moms. Hebat yaaa?

Hal yang Perlu Moms Perhatikan Sebelum Menyajikan Mentimun sebagai MPASI

Mentimun mengandung senyawa alami cucurbitacins yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Jadi, mentimun baru boleh Moms berikan pada saat Si Kecil sistem pencernaannya sudah lebih matang, tepatnya saat berusia 9 bulan.

Pada usia ini, mentimun bisa Moms sajikan dengan cara dihaluskan dengan blender. Ketika usia Si Kecil sudah 12 bulan, mentimun bisa Moms berikan dalam betuk potongan memanjang sebagai finger food.

Moms boleh mengupas mentimun atau menyajikan bersama kulitnya looh. Kulit mentimun akan memberikan lebih banyak nutrisi untuk Si Kecil. Tapi ingat, kalau Moms ingin memberikannya kepada Si Kecil, pastikan Moms sudah mencuci kulit mentimun dengan bersih yaa!

Perlu diingat juga bahwa mentimun tidak bisa dijadikan menu utama untuk MPASI, melainkan hanya sebagai pelengkap. Moms disarankan untuk tetap memberikan Si Kecil makanan sehat lainnya, seperti ikan, telur, daging, serta buah dan sayur, agar kebutuhan nutrisi Si Kecil terpenuhi.

Selain itu, meski bukan termasuk makanan yang dapat memicu alergi, Moms tetap perlu memperhatikan reaksi Si Kecil ketika pertama kali makan mentimun yaa. Kalau Si Kecil menunjukkan gejala alergi, segera bawa ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Itu dia Moms informasi seputar Mentimun untuk MPASI Si Kecil. Gimana? Udah siapin menu MPASI Si Kecil buat besok belum nih?

Referensi : Alodokter

Read more...

Yakin Bayi Mom’s Sehat??

Photo by Han Myo Htwe on Unsplash

Berat badan bayi gabisa looh Moms dijadikan patokan kesehatannya!

Dilansir dari ALODOKTER, kesehatan Si Kecil bisa Moms perhatikan dari berbagai sisi, apa aja ya? Yuk simak penjelasannya

Ciri-ciri bayi sehat :

a. Mengalami kenaikan berat badan

Memang, bertambahnya berat badan bisa menjadi pertanda kalau Si Kecil tumbuh sehat. Tapi ingat Moms, seiring bertambahnya usia, berat badan bayipun akan terus bertambah ya Moms. Oyaa, Moms harus rutin memeriksakan kesehatan Si Kecil ke dokter yaa, agar Moms bisa tau pertumbuhan dan perkembangannya dengan baik, termasuk informasi kenaikan berat badan Si Kecil.

FYI Moms : sejak dilahirkan hingga berusia 6 bulan, kenaikan berat badan bayi yang diharapkan berkisar 150-200 gram per minggu, dan 85-140 gram per minggu untuk bayi usia 6-12 bulan.

b. Tenang saat berada di dekat orangtua

Saat bayi Moms menangis, Moms bisa beri ia sentuhan lembut dan ajak untuk berbicara seperti Si Kecil masih di dalam kandungan. Sikap tenang bayi saat berada di dekat Moms, bisa menjadi tanda bayi sehat looh Moms. Karena perkembangan emosionalnya berkembang dengan baik.

c. Tertarik dengan dunia sekelilingnya

Saat bayi baru lahir, setidaknya 16 jam waktunya hanya dihabiskan untuk tidur dan 2 jam sekali untuk menyusu. Kebiasaan ini akan berubah seiring bertambahnya usia. Saat memasuki usia 1 bulan, bayi sudah mulai sering terbangun dan mulai tertarik dengan apa yang ada di sekitarnya. Ia akan terlihat diam dan mulai memperhatikan wajah ataupun benda yang sedang Anda pegang. Sebenarnya bayi sedang mencoba untuk mengenal dunia baru dan mencerna informasi baru yang dilihatnya. Ketertarikan bayi ini terjadi saat otot matanya mulai dapat terkontrol dan melihat sesuatu dengan lebih jelas.

d. Menyimak suara yang didengar

Sebenarnya bayi sehat sudah bisa mendengar sejak lahir, namun butuh beberapa minggu baginya untuk menyaring suara yang didengarnya. Saat pendengarannya sudah mulai berkembang, bayi akan mulai memilih mana suara yang menarik perhatiannya dan tidak. Suara kakak atau ayah yang tertawa riang dan suara musik, kemungkinan suara yang dapat menarik perhatian bayi. Jika Anda melihat bayi bereaksi terhadap suara tertentu dan mencari sumber suaranya, ini pertanda bahwa pendengarannya bekerja dengan baik.

e. Bisa berinteraksi dengan orang lain

Bayi usia 1 bulan, sudah bisa melakukan kontak mata dengan orang lain, termasuk meniru beberapa gerakan yang Anda lakukan. Kemampuan bayi sehat ini akan terus berkembang. Kemudian pada bayi usia 2 bulan, ia mulai tersenyum saat diajak berbicara atau bercanda. Pada usia 4 bulan, perkembangan bayi sudah sampai tahap merespons dengan ekspresi tertawa. Lalu ketika ia menginjak 7 bulan, Anda akan mendapati Si Kecil sudah bisa berinteraksi dengan bayi lain, seperti merebut sesuatu yang dipegang atau meniru suara bayi lainnya. Semua interaksi yang dilakukan bayi tersebut merupakan tanda bayi sehat dan sudah lebih mengenal akan kondisi lingkungan sekitarnya.

f. Bayi dapat menahan berat badannya sendiri

Pada usia 1 bulan, umumnya bayi sehat sudah bisa menahan kepalanya sendiri meski hanya sebentar. Lalu bayi usia 3 bulan, kemampuan mengangkat kepala akan semakin berkembang. Saat ini sudah bisa dilakukan, otot-otot bayi sebenarnya sedang mengalami peregangan untuk berkembang. Tahap ini merupakan tahap perkembangan bayi sebelum bisa tengkurap, berguling, duduk dan juga berdiri.

Bayi sehat cenderung memiliki tahap pertumbuhan yang terus berkembang seiring dengan pertambahan usia. Anda sebagai orangtua harus mendukung tahap tumbuh kembangnya dengan nutrisi dan stimulasi untuk menjaga kesehatan bayi. Bila perlu konsultasikan pada dokter anak untuk memantau tumbuh kembang bayi sehat.

Serta Orangtua juga harus siap pula akan hal-hal yang terjadi secara mendadak dalam tumbuh kembang dan kesehatan anak. AmaOil punyaa semua yang orang tua butuhkan. Mulai dari Minyak telon, Minyak Anti Kembung, Minyak untuk Batuk dan Pilek, serta Virgin Coconut Oil. Silahkan pesan rangkaian AmaOil di AmaCall.id dengan menghubungi:

Whatsapp : 081558855159
Line : @osb8527u
pemesanan via web: www.amacall.id
pemesanan via app : app.amacall.id/

Read more...

5 Tips Mengatasi Bayi Susah Makan, Bikin Mom’s Gak Cemas Lagi

Photo by Colin Maynard on Unsplash

Mungkin Moms pernah menghadapi masalah ketika bayi menangis saat diberi makanan, hanya suka makanan tertentu, dan mulai berontak ketika Moms menyuapinya. Jangan khawatir lagi ya Moms, baca artikel ini sampai habis supaya Moms tau bagaimana cara mengatasinya.

Pasti bukan hal yang mudah bagi Moms untuk membujuk bayi yang susah makan. Padahal, bayi yang susah makan ditakutkan dapat membuat kebutuhan gizi tidak tercukupi dengan baik. Jangan patah semangat dulu, Moms. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut.

Bagaimana Tips Mengatasi Bayi Susah Makan?

Setiap bayi sebenarnya punya keunikan masing-masing, sehingga cara untuk mendukung tumbuh kembangnya sebaiknya disesuaikan dengan karakteristiknya masing-masing.

Beberapa tips berikut bisa Moms terapkan untuk membantu mengatasi keluhan bayi susah bahkan tidak mau makan:

1. Pakai Cara yang Menarik untuk Makanan Baru si Bayi

Kalau Moms ingin memberikan makanan baru ke bayi, Moms bisa memutar otak untuk mengolah bahan tersebut dengan cara yang unik. Bantu bayi supaya lebih gampang mencoba makanan baru dengan membuatnya terlihat mirip dengan makanan favorit yang sudah dikenal lebih dulu.

Sebagai contoh, bayi suka sekali makan kentang tumbuk, tetapi saat ini Moms ingin mengenalkannya dengan brokoli. Brokoli memang mempunyai cita rasa alami yang berbeda dengan kentang. Jadi, Moms bisa akali dengan mengolah brokoli dicampur bersama kentang dan dibuat lebih halus.

Usahakan beri porsi makan bayi sedikit terlebih dahulu supaya ia tidak terlalu kaget pada pengalaman barunya. Coba beri makanan yang sama ke bayi selama beberapa hari kurang lebih 8-15 kali sampai bayi benar-benar mau menerimanya makanan tersebut.

2. Tunggu Sampai Nafsu Makan Bayi Kembali

Jangan sampai terlalu memaksa bayi agar mau makan, Moms dapat terus bersabar dan berusaha membujuk supaya si kecil mau untuk makan, tetapi tetap harus menunggu sampai nafsu makannya kembali normal ya Moms.

Moms juga harus perhatikan, apakah bayi sedang mengantuk atau tidak, karena bayi cenderung menolak untuk makan saat dia merasa ngantuk. Oleh karena itu, perhatikan waktu yang tepat sebelum Moms menyuapinya, misalnya setelah dia bangun tidur atau setelah dia bermain.

3. Perhatikan jadwal makan dan pilihan makanannya

Ini penting loh Moms, sebaiknya hindari memberi jenis makanan yang mengandung terlalu banyak susu. Karena susu bisa bikin bayi cepat merasa kenyang sehingga justru mengurangi nafsu makannya.

Untuk bayi usia 6-8 bulan, pemberian makanan bisa dilakukan 2 kali dengan ASI 6 kali per hari. Sementara untuk bayi usia 9-11 bulan, pemberian makanan dan ASI disarankan sama-sama 4 kali per hari.
Berbeda untuk bayi 12 bulan ke atas, pemberian makanan disarankan 6 kali dengan ASI atau susu formula bayi 2 kali per hari.

4. Suapi Bayi Pelan-Pelan

Kalau bayi menolak untuk makan, jangan dipaksa ya Moms. Kenali dulu kapan saat bayi mulai merasa lapar. Biasanya bayi akan merengek atau menjadi rewel jika dia sedang lapar. Coba Moms suapi bayi pelan-pelan di saat dia mulai merasa lapar. Moms juga bisa beri makanan dalam porsi kecil namun lebih sering, daripada sekaligus dalam porsi besar.

5. Perhatikan Pola Makan yang Tepat Ketika Bayi Sedang Sakit

Saat bayi sedang sakit dan membuatnya susah makan, Moms bisa menunggu sampai nafsu makannya kembali normal. Solusinya, Moms harus tetap memberikan makanan kepada bayi seperti biasanya. Biarkan bayi yang menentukan seberapa banyak ia ingin makan.

Pada intinya, meski bayi menolak makan di saat sedang sakit, Moms tetap harus menawarkannya makanan untuk memberi asupan ke bayi dan mengisi ulang tenaganya supaya cepat kembali pulih.

HATI-HATI!
Jangan terlalu sering memberikan obat-obatan ke bayi yang sedang sakit ya Moms!
Bayi juga perlu perawatan dari luar untuk memperlancar peredaran tubuhnya.
Yuk treatment bayi di Amacall supaya bayi jadi sehat bugar kembali.


Kami juga memberikan pelayanan home care lhoo Moms. Jadi, kalau Moms ingin di treatment tapi malas keluar, langsung saja hubungi kami melalui :
Whatsapp : 081558855159
Line : @osb8527u
pemesanan via web: www.amacall.id
pemesanan via app : app.amacall.id/
Amacall selalu untuk Moms dan di bayi ;)

Read more...

Sering Digendong, Bayi Jadi Bau Tangan?

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Saat bayi menangis atau rewel, orangtua pasti akan melakukan berbagai cara untuk menenangkan si kecil. Salah satu cara yang umum digunakan adalah dengan menggendongnya.

Sebagian masyarakat Indonesia menganggap sering menggendong bayi ketika rewel/menangis menyebabkan bayi terkena Bau Tangan. Bayi Bau Tangan menggambarkan bayi yang terlihat manja dan hanya mau digendong, sehingga si bayi akan rewel/menangis saat ia dibaringkan di tempat tidur. Hmm apakah anggapan tersebut benar?

Bayi baru lahir yang sering menangis merupakan cara si bayi untuk berkomunikasi dan memberi tahu orang di sekitarnya bahwa ia sedang merasa lapar, haus, sakit, lelah, tidak nyaman, atau sekadar bosan.

Jadi, anggapan bayi menjadi bau tangan karena terlalu sering digendong tidaklah benar dan hanya mitos belaka. Orang tua bahkan dianjurkan untuk menggendong atau memeluk bayi sesering mungkin loh Moms, terlebih ketika bayi sedang rewel atau merasa kurang nyaman.

Seringlah melakukan sentuhan fisik terutama menggendong si kecil ya Moms

Sentuhan fisik pada bayi dapat memberi stimulus yang baik untuk tumbuh kembang si kecil dan tingkat kecerdasannya kelak. Tak hanya itu, menggendong bayi juga bisa memperkuat hubungan atau ikatan emosional dan mendukung interaksi antara bayi dan orang tuanya. Bayi juga membutuhkan kehangatan dari pelukan orang tuanya Moms, agar si kecil merasa aman dan nyaman.

Jangan lupa untuk mengajak si kecil berbicara saat menggendongnya ya Moms, guna mengembangkan kemampuan bayi dalam berbicara 😉

Menggendong bayi sesering mungkin, terutama menggendong bayi prematur dengan metode perawatan kanguru, juga terbukti dapat menghangatkan tubuh bayi, mengurangi tangisan, menstabilkan pernapasan dan detak jantungnya, serta mendukung tumbuh kembang dan peningkatan berat badan bayi.

Nikmatilah saat-saat menggendong bayi pada bulan pertama usianya tanpa perlu takut dan terlalu khawatir.

Cara Lain untuk Menenangkan Bayi

Bayi akan menangis saat menginginkan atau membutuhkan sesuatu karena mereka belum memahami cara lain untuk menyampaikan apa yang diinginkan.

Biasanya setelah usia 6–9 bulan, bayi baru mulai bisa memahami lingkungan di sekitarnya, membaca ekspresi orang lain, dan menunjukkan respons terhadap stimulus atau situasi tertentu. Pada masa inilah, orang tua harus bisa mulai memilah reaksi terhadap tangisan bayi.

Apabila bayi tetap menangis padahal ia tidak sedang sakit, setelah disusui, atau usai diganti popok, beberapa cara berikut dapat dilakukan orang tua untuk menenangkannya, yaitu:

  • Membaringkan bayi di kursi atau tempat tidur goyang
  • Mengusap kepala, punggung, atau dada bayi dengan lembut
  • Membedong bayi
  • Mengajak bayi berbicara dengan suara yang pelan dan lembut
  • Menyanyi atau memutar musik dengan suara kecil
  • Mengajak bayi jalan-jalan menggunakan stroller atau digendong
  • Membuat bayi bersendawa
  • Memandikan bayi dengan air hangat
  • Memijat bayi dengan lembut

Khawatir salah saat memijat bayi? Gunakan layanan Pijat Bayi Amacall!
Terapi Sentuhan yang bermanfaat untuk memberikan efek tenang pada bayi, meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan si buah hati.

Pesan layanan kami melalui :
Whatsapp : 081558855159
Line : @osb8527u
Website : www.amacall.id
Download app : app.amacall.id/

Malas keluar rumah? Biar kami yang kerumah

Sumber : alodokter.com

Read more...