Katanya, Cara ini ampuh untuk mempercepat Pembukaan persalinan, Bund!

Katanya, Cara ini ampuh untuk mempercepat Pembukaan persalinan, Bund!

Dilansir dari What To Expect, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan dengan menstimulus tubuh agar pembukaan bisa berlangsung lebih cepat, di antaranya:

  1. Berhubungan Seksual
    Wow, siapa sangka berhubungan seksual bisa mempercepat pembukaan? Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa ibu yang berhubungan seksual menjelang akhir kehamilan bisa memancing terjadinya kontraksi. Hal ini terjadi karena sperma mengandung prostaglandin, yaitu hormon yang dapat membantu mengencerkan dan melebarkan mulut rahim, sehingga akan lebih matang dan mempercepat pembukaan jelang persalinan. Berhubungan seksual yang disertai orgasme pun dapat mengeluarkan oksitosin, yang bisa mempercepat terjadinya pembukaan. Cara ini memang terdengar menyenangkan ya. Dengan catatan, dilakukan dengan posisi yang aman, dan sudah dikonsultasikan terlebih dahulu ya, baik ke dokter atau bidan berpengalaman yang sudah Ibu percaya. Kalau tidak, berhubungan seksual juga bisa berisiko membuat air ketuban pecah sebelum waktunya. Ini harus dihindari karena bisa menimbulkan infeksi.
  2. Berjalan Kaki
    Menggerakkan tubuh secara aktif akan memperlancar metabolisme, khususnya ketika sedang mengandung. Berjalan kaki jadi salah satu cara paling efektif menggerakkan badan secara ringan. Selain melancarkan peredaran darah, berjalan kaki juga bisa membantu memposisikan bayi mendekati panggul, karena efek gerakan pinggul hingga kaki saat berjalan, dan juga dibantu oleh gaya gravitasi. Dengan begitu, pembukaan rahim akan lebih mudah dan cepat. Tapi, nggak perlu jauh-jauh ya, Ibu. Cukup berjalan kaki keliling lingkungan perumahan, atau berjalan kaki indoor di tempat yang nyaman. Perhatikan perubahan pada tubuh Ibu, jangan sampai kecapekan. Berjalan kaki juga bisa melatih fisik Ibu agar lebih siap saat proses bersalin nanti, anggap aja semacam pemanasan untuk mempercepat pembukaan.
  3. Mencoba Minyak Jarak
    Cara lain yang bisa ditempuh untuk mempercepat pembukaan, adalah mencoba minyak jarak. Meski tidak lazim, minyak jarak dikenal sejak dulu sebagai obat pencahar alami. Kandungannya bisa menstimulasi usus dan melancarkan buang air besar. Beberapa penelitian menunjukkan, meminum minyak jarak juga bisa merangsang rahim untuk kontraksi dan mempercepat pembukaan. Minum sedikit minyak jarak, sekitar 30-50 ml dapat merangsang prostaglandin yang dapat membantu mematangkan serviks dan memulai persalinan. Tapi, efek sampingnya bisa menyebabkan diare, karena itu tetap harus dikonsultasikan ke dokter atau bidan langganan Ibu.
  4. Mengonsumsi Minyak Evening Primrose
    Evening primrose adalah sejenis bunga yang tumbuh di kawasan Amerika Utara. Minyak dari biji bunga ini terbukti khasiatnya untuk mengatasi berbagai penyakit, mulai dari mengobati luka, meredakan gangguan pencernaan hingga wasir. Bunga evening primrose memiliki kandungan gamma-linolenic acid yang bermanfaat bagi kesehatan dan pemulihan luka.
    Banyak praktisi di dunia kebidanan yang menyarankan penggunaan minyak evening primrose ini. Kandungannya dipercaya membantu melebarkan mulut rahim sehingga mempercepat pembukaan. Cara menggunakannya adalah dengan mengonsumsi kapsul minyak evening primrose beberapa minggu menjelang kelahiran. Namun, perlu ditanyakan ke dokter ya, karena wanita dengan penyakit kelainan plasenta previa tidak boleh mengonsumsinya.
  5. Pijat atau treatment
    Pijatan-pijatan yang dilakukan di tubuh Ibu bisa membantu supaya rileks, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kadar oksitosin untuk mempercepat pembukaan. Beberapa terapis fokus pada titik-titik tekanan tertentu untuk menggerakkan persalinan agar lebih cepat. Selain pijat, meditasi dan memeluk pasangan dapat memompa hormon oksitosin. Selain itu, bisa meredakan stres juga lho. Jika Ibu memutuskan untuk mencoba pijat prenatal, jangan lupa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Pilihlah treatment yang tepat ya bunda. Dimana lagi kalau bukan di Amacall. Amacall adalah layanan bidan dalam genggaman, HOME SERVICE. Dengan tenaga terapis yang profesional dan bersertifikasi.

Bunda bisa memesan treatment khusus amacall.

Pemesanan mudah, aman dan nyaman melalui :
Website : www.amacall.id
Whatsapp : 081558855159
Line : @osb8527u
Download app : app.amacall.id/

Yuk, buruan pesan layanan kami sekarang juga!

sumber: ibupedia

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *