Resiko Bumil Menahan Kencing

Resiko Bumil Menahan Kencing

Photo by freestocks on Unsplash

Seringnya menahan kencing ketika hamil, bisa menimbulkan masalah pada saluran kencing terutama infeksi saluran kemih (ISK) lohh Moms.

Hayoo hayooo Moms ngakuu, pasti sering kan menahan kencing?
Sekarang stop kebiasaan buruk itu ya Moms!

Kalau Moms terasa ingin buang air kecil, lebih baik segera ke toilet ya Moms. Wajar kok Moms kalau semenjak hamil, Moms jadi cenderung lebih sering buang air kecil. Itu disebabkan dari adanya perubahan hormon Moms ketika hamil. Perubahan hormon tersebut membuat jumlah darah dan aliran darah ke ginjal jadi meningkat Moms, sehingga tubuh Moms akan menghasilkan lebih banyak urine.

Selain itu, seiring bertambahnya usia kehamilan yang menyebabkan ukuran rahim jadi semakin besar, dapat menekan kandung kemih yang juga bisa membuat bumil sering buang air kecil Moms.

Terganggunya saluran dan kandung kemih yang disebabkan sering menahan buang air kecil, dapat membuat kuman lebih mudah berkembang biak dan menyebabkan infeksi di saluran kemih Moms. Hiii… gamau kan Moms?

Yuk kenali beberapa tanda dan gejala ISK!

Dilansir dari Alodokter, ISK yang dialami seseorang bisa saja tanpa gejala. Tetapi, adapun ISK yang menimbulkan gejala berupa :

  • Rasa nyeri/perih saat kencing
  • Air kencing yang dikeluarkan berwarna keruh, berdarah, atau berbau menyengat
  • Demam
  • Rasa sakit dan tidak nyaman di area panggul, perut bagian bawah, dan punggung bagian bawah
  • Sakit saat berhubungan seksual
  • Mual dan muntah
  • Nyeri punggung
  • Anyang-anyangan

Untuk mencegah terjadinya ISK pada ibu hamil, Moms disarankan untuk minum air mineral yang cukup, rutin membersihkan area kewanitaan dan hindari menahan buang air kecil.

Selain mencegah dehidrasi, minum air mineral yang cukup dapat membuat tubuh Moms menghasilkan lebih banyak urine sehingga bumil lebih sering ingin membuang air kecil yang justru baik untuk membersihkan saluran kemih dari kuman secara alami. Tapiii, sebaiknya Moms hindari banyak minum menjelang tidur malam yaa, agar Moms ga sering terbangun untuk buang air kecil.

Sering-sering ya Moms untuk membersihkan organ intim dengan menggunakan air bersih agar kuman tidak gampang masuk ke saluran kemih. Dan Moms juga harus jaga area intim tetap kering dan nyaman, dengan menggunakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dan terbuat dari bahan katun agar bisa menyerap keringat dengan baik, dan jangan lupa untuk sering mengganti pakaian dalam setiap harinya, minimal 2x sehari ya Moms.

Agar Moms ga terlalu sering bolak-balik ke kamar mandi untuk BAK, bumil sebaiknya tidak mengonsumsi minuman yang bersifat diuretik, seperti kopi, teh, atau minuman bersoda yang mengandung kafein.

Kalau bumil sudah mengalami gejala ISK, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan ya Moms, agar dapat diberikan pengobatan yang aman dan ISK tidak semakin parah serta membahayakan janin.

Moms ada keluhan pegel-pegel saat hamil? Kenapa ga panggil Amacall kerumah?
Amacall punya service Massage untuk bumil yang dapat membantu mengurangi pegal-pegal loooh! Dilakukan oleh tenaga therapis yang profesional dan sudah tersertifikasi.

Pemesanan mudah, aman dan nyaman melalui :
Website : www.amacall.id
Whatsapp : 081558855159
Line : @osb8527u
Download app : app.amacall.id/

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *